0 Tips Memilih Lowongan Kerja di Internet

Kali ini rolanpippo membahas tentang cara mencari kerja. Berikut sedikit Tips Memilih Lowongan Kerja di Internet dan cara memilih lowongan kerja yang aman:

1. Informasi Perusahaan

Lowongan Kerja yang berasal dari perusahaan ternama sudah tidak diragukan lagi keabsahannya, namun yang perlu di waspadai adalah bilamana nama perusahaan yang membuka Lowongan Kerja tidak pernah dikenali sebelumnya. Maka hal yang harus di lakukan adalah mencari informasi sebanyak mungkin mengenai profil perusahaan tersebut bisa melalui media search engine, yellowpages, forum atau referensi rekan lainnya.

2. Lokasi Perusahaan/Tempat Kerja

Cari tahu alamat perusahaan yang membuka Lowongan Kerja sebelum mengajukan lamaran, bisa dengan Google Map, Google Earth atau sejenisnya. Pastikan alamat perusahaan dengan penemuan anda di media yang disebutkan diatas cocok dan sama. Catatan Penting: Lokasi perusahaan sangat berpengaruh pada kreadibilitas dan kualitas dari perusahaan. Bila hanya mengontrak di satu ruangan kecil maka perlu dipertanyakan kembali pada diri anda.

3. Iming-Iming

Berpikir secara rasional dan jangan termakan manisnya janji gaji yang ditawarkan. Posisikan diri dengan jabatan dan gaji apakah relevan dan masuk akal? Pelajari betul mengenai hal hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang ditawarkan, seperti posisi, job desc, responsible, requirement, dll. Dimana semua harus sebanding.

4. Uang

Lowongan Kerja dengan modus penipuan pasti ujungnya duit/uang. Mereka akan meminta sejumlah uang, baik itu karena alasan administrasi seperti uang formulir, uang registrasi, pembayaran masa training atau pendidikan atau lainnya, bila anda menemukan dan mencium gelagat semacam ini maka sejak dini hindari dan pergi jauh-jauh. Hal yang perlu diperhatikan bagi pencaker adalah perusahaan yang baik dan benar tidak akan meminta/memungut uang sepeserpun kepada calon karyawannya dan ini harus ditanam dalam-dalam di ingatan oleh semua pencari kerja.

5. Tergesa

Jangan cepat mengambil keputusan alias terburu-buru dalam menentukan pekerjaan yang dilamar.  Pastikan anda mendapatkan perusahaan dan pekerjaan serta gaji yang sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.


Contoh Iklan lowongan kerja yang perlu di waspadai :


  • Hari ini lamaran besok langsung kerja
  • Kerja gaji minimal 5 juta per bulan
  • Langsung diterima
  • Langsung kerja, tanpa ijazah
  • Kerja kantoran tanpa ijazah, cukup KTP saja
  • Kerja luar negeri, besok langsung berangkat ke bandara
  • Mau penghasilan berjuta juta, segera hubungi

0 komentar:

Posting Komentar