0 5 Penyebab Lapar Meski Sudah Makan

Pernahkah Anda mengalami baru selesai makan, namun selang beberapa waktu kemudian perut terasa lapar? Perut sudah kenyang namun masih ada hasrat untuk makan dan makan lagi. Anda pun terkejut ketika baju yang biasa Anda kenakan sudah terasa kekecilan. Apa yang salah? Berikut ini 5 faktor pemicu rasa lapar berkelanjutan tersebut.

1. Tak Bisa Kendalikan Mata
 
 
Kebanyakan orang masih saja memaksa perutnya yang sudah kenyang untuk menampung makanan pengundang selera yang dilihatnya. Dengan melihat makanan penggoda tersebut, otak terangsang untuk memunculkan kembali rasa lapar. Jika sudah kenyang, lebih baik sembunyikan dulu makanan yang bisa mengundang nafsu makan ke tempat yang tak bisa Anda lihat dan sibukkan diri dengan aktivitas yang lain.

2. Anti Sayur


Sayuran hijau banyak mengandung vitamin K. Vitamin ini berfungsi untuk mengatur insulin yang berperan membantu mencegah rasa lapar setelah makan. Jika tak ingin merasa lapar berkepanjangan, usahakan untuk selalu memasukkan sayuran ke dalam menu makanan Anda.

3. Suka Makanan Kalengan


Makanan kalengan banyak yang mengandung bahan kimia bisphenol-A atau BPA. Zat ini dapat mengacaubalaukan kinerja leptin sehingga menimbulkan rasa lapar yang datang terus-menerus.

4. Minum Soda Berlebihan
 


Minuman bersoda, es teh dan semua minuman yang berasa manis mengandung fruktosa tinggi. Fruktosa menghambat kemampuan tubuh untuk menggunakan leptin, yaitu hormon yang memberitahu bahwa perut sudah kenyang. Alhasil, otak terinspirasi untuk makan lebih banyak lagi meski perut sudah penuh.

5. Dehidrasi


Saat tubuh kekurangan cairan, maka secara otomatis otak akan mengirimkan sinyal lapar. Jika Anda merasa lapar padahal baru saja selesai makan, cobalah minum air yang banyak! Siapa tahu sebenarnya itu adalah tanda tubuh kekurangan cairan bukan sinyal lapar terhadap makanan.

sumber : dewi bola

0 komentar:

Posting Komentar