1 Reaksi Tubuh Saat Berhenti Merokok

kinerja tubuh beberapa tahapan waktu, saat Anda mulai berusaha membebaskan diri dari racun mematikan yang dikandung sebatang rokok.Berikut ini adalah timeline apa yang akan terjadi pada tubuh Anda saat Anda berhenti merokok.

1. 20 Menit
Mengkonsumsi rokok dapat mengacaukan ritme detak jantung dan tekanan darah. 20 Menit saja berhenti merokok, maka detak jantung dan tekanan darah Anda akan kembali normal.

2.  2 Jam
2 jam pasca merokok, ujung kaki Anda akan terasa hangat. Itulah sinyal yang menandakan kadar nikotin pada tubuh Anda menurun.

3. 12 Jam
Karbon monoksida yang terkandung dalam sebatang rokok merupakan zat yang dapat meracuni tubuh bagian dalam. Zat tersebut akan mengikat oksigen dalam sel darah yang mengakibatkan penyakit jantung. 12 jam seusai mengkonsumsi rokok terakhir merupakan waktu yang dibutuhkan karbon monoksida dalam tubuh untuk bisa terurai, sehingga oksigen bisa kembali normal.

4. 24 Jam
Seorang perokok, jika telah berhasil melalui waktu satu hari saja berhenti merokok, merupakan suatu awal yang sangat baik. Pasalnya, ia telah berhasil menurunkan resiko serangan jantung sebanyak 20 persen dari 85 persen ancaman ketika merokok.

5. 2 Hari
Mengkonsumsi rokok bisa merusak sistem saraf pada indera penciuman dan perasa. Setelah berhasil melewati 48 jam tanpa rokok, maka ujung saraf Anda akan kembali tumbuh. Di saat inilah Anda bisa merasakan nikmatnya kesehatan dengan penciuman yang lebih tajam dan bisa merasakan segala sesuatu yang lebih sedap nan sehat dibandingkan dengan sebatang rokok.
(beritasatu.com)

6. 3 Hari
Tubuh membutuhkan waktu selama 3 hari untuk betul-betul membersihkan diri dari kadar nikotin. Namun tantangan akan terasa lebih berat di masa ini. Pasalnya, keinginan untuk kembali mengkonsumsi rokok akan terasa sangat kuat. Bahkan berusaha untuk tak mengkonsumsinya akan membuat Anda mual, pusing dan stres. Namun tak perlu menyerah. Gejala tersebut akan cepat hilang.

7. 2 -3 Minggu
2-3 minggu berhenti merokok akan berdampak sangat positif pada kesehatan Anda. Organ tubuh akan berfungsi sebagaimana mestinya. Bahkan tak perlu ngos-ngosan saat berolahraga. Tubuh tengah meregenerasi sel-sel yang telah rusak. Selain itu, sirkulasi oksigen dan fungsi paru-paru pun berjalan dengan baik. Dengan demikian, Anda bisa bernapas lebih ringan dan lega.

8. 1-9 Bulan
Dalam paru-paru terdapat rambut halus yang disebut silia. Silia bertugas mendorong lendir keluar dari tubuh. Bagian ini akan meregenerasi diri dan berfungsi secara optimal. Hasilnya, Anda bisa lebih terbebas dari resiko infeksi paru-paru, batuk dan sesak napas.

9. Satu Tahun
Berhasil melewati satu tahun bebas rokok, maka itu berarti Anda telah menurunkan sebanyak 50 persen resiko serangan jantung. Jika Anda bisa terus membebaskan diri dari belenggu rokok, niscaya resiko serangan jantung akan semakin menurun di tahun-tahun berikutnya.

healthybody888.blogspot.com 

1 komentar:

perpus UM mengatakan...

haha , hati" kepada yang kecanduan sama rokok


-->> JUDUL SKRIPSI, TESIS, DISERTASI <<--

Yang sedang bingung dengan judul SKripsi, Tesis, Disertasi
mampir aja kesini... banyak dan lengkap dengan abstrak, artikel dan semua BAB

http://mulok.library.um.ac.id/

Posting Komentar