0 10 Fakta Tentang El Clasico


 El Clasico, kata yang berarti 'Klasik' tersebut adalah julukan bagi pertarungan antara Real Madrid dan Barcelona FC. Laga dua tim terbaik di Spanyol ini sudah berlangsung puluhan tahun dan selalu berlangsung dengan sengit. Berikut adalah 10 fakta tentang El Clasico yang mungkin belum anda ketahui hingga saat ini :

Laga Pertama El Clasico

Laga El Clasico untuk pertama kalinya terjadi pada tanggal 13 Mei tahun 1902 pada laga Semifinal ajang Copa de la Coronación. Saat itu, Barca menang dengan skor 3-1.

Total Pertemuan
Keduanya hingga kini sudah bertemu sebanyak 225 kali dalam laga resmi. Dari angka tersebut, Madrid menang sebanyak 90 kali sementara Barca menang 87 kali.

Ratusan Gol
Hingga kini, sudah tercipta 867 gol di laga El Clasico.

 Top Skorer
Saat ini, Lionel Messi bersanding bersama Alfredo Di Stefano sebagai top skorer El Clasico dengan torehan masing-masing 18 gol.

Penampilan Terbanyak

Manuel Sanchis adalah pemain yang paling banyak tampil di Clasico. Mantan punggawa Madrid itu mengoleksi 43 penampilan. Sementara itu di kubu Barca, pemain yang mengantongi penampilan paling banyak di Clasico adalah Xavi, dengan 38 laga.

Transfer Pemain
Sebanyak 21 pemain Barca hijrah ke Madrid. Sementara itu, hanya 12 pemain Madrid yang pindah ke Barca. Namun, hanya 13 pemain saja yang pernah berlaga di Clasico. Contohnya saja Luis Figo, Ronaldo, Michael Laudrup dan Luis Enrique. Namun, diantara sekian banyak pemain tersebut, hanya Ronaldo saja yang pernah mencetak gol bagi dua tim tersebut.

Laga Paling Banyak Disaksikan Penonton di Dunia

Laga Clasico menyedot lebih banyak penonton dari seluruh dunia ketimbang laga final liga Champions. Laga tersebut mampu menyedot sekitar 400 juta pasang mata sementara Liga Champions hanya menarik 360 juta pemirsa.

Margin Kemenangan Terbesar
Selisih kemenangan terbesar yang pernah terjadi di El Clasico adalah 10 gol. Hal tersebut terjadi di partai leg kedua semifinal Copa del Generalisimo pada tanggal 13 JUni 1943. Saat itu, Madrid membantai Barca dengan skor 11-1.

Belum Pernah Terjadi di Final Liga Champions
Walau keduanya juga termasuk klub yang sukses di Liga Champions, namun, belum pernah sekalipun keduanya bertemu di laga final kompetisi paling elit di Eropa tersebut.

Kolektor Trofi Terbanyak
Untuk urusan koleksi gelar juara (yang resmi diakui UEFA dan FIFA) Barca unggul dari Madrid. Blaugrana mengoleksi 81 trofi sementara Los Blancos hanya 76 titel juara saja.

0 komentar:

Posting Komentar