0 Google Rayakan Ulang Tahun Douglas Adams


Melalui tampilan doodle, Google hari ini merayakan ulang tahun seorang tokoh dunia bernama Douglas Adams. Siapakah dia?

Douglas Adams adalah penulis serbabisa berkebangsaan Inggris. Ia dilahirkan di Cambridge pada 11 Maret 1952 dengan nama lengkap Douglas Noel Adams. Selain dikenal sebagai penulis, ia juga dikenal sebagai musikus, komedian, aktor, juga pembuat permainan komputer.

Karirnya sebagai penulis mulai dikenal luas setelah ia menulis skenario serial sandiwara komedi berjudul The Hitch-hiker's Guide to the Galaxy yang disiarkan secara bersambung di Radio BBC pada 1978.

Karena mendapat respon sangat positif dari publik, serial ini kemudian dikembangkan ke dalam bentuk media lain, termasuk buku, serial televisi, komik, film layar lebar, bahkan game.

Untuk buku, The Hitch-hiker's Guide to the Galaxy hadir dalam bentuk komik yang terdiri dari lima seri. Serial komik yang dibesut sejak 1979 hingga 1992 ini terjual dipasaran hingga 15 juta copy.

Selain The Hitch-hiker's Guide to the Galaxy, Adams juga menulis tiga cerita untuk film seri televisi Doctor Who. Ia pun menulis beberapa novel sepertiDirk Gently’s Holistic Detective Agency (1987), The Long Dark Tea-Time of the Soul (1988), The Meaning of Liff (1983) dan Last Chance to See (1990).

Sebagai pecinta komputer Macintosh, Adams juga mendesain game Starship Titanic pada 1998. Game yang diproduksi oleh pengembang The Digital Village ini diperuntukan bagi perangkat komputer.

Douglas Adams meninggal pada 11 May 2001 dalam usia 49 karena serangan jantung. Ia dimakamkan di Santa Barbara, California.

Namun setahun kemudian makamnya dibongkar dan jenazahnya dikremasi. Lalu abunya disemayamkan di Highgate Cemetery, pemakaman di utara kota London.

0 komentar:

Posting Komentar